Langsing dengan Akupunktur


kegemukan / obesity adalah masalah dunia. Dan sangat mempengaruhi kesehatan, juga kecantikan tubuh. Hampir 90% pasien tidak mau tahu penyebab kegemukan dan hanya berharap 100% harus turun berat badannya dengan akupunktur atau obat2an. Tapi maaf, untuk menjadi langsing dan sehat tidak semudah itu, sangat di harapkan kerja sama dari pasien untuk mengikuti pola hidup dan pola makan minum sehat yang akan dianjurkan. Jika pun mengkonsumsi obat2an, kalau tidak dibarengi dengan pola hidup yg sehat, berat badan akan turun naik seperti yoyo. Dan kebiasaan para pasien, tidak mau di atur diet dan tidak mau merubah struktur komposisi makan minum nya, oleh karena itu banyak sekali yang kecewa dan menjelek2kan bahwa akupunktur atau obat2an yg pernah dilakukan atau diminum, kualitasnya tidak bagus, padahal diri sendiri yang tidak mau merubah pola hidupnya.

Jangan berharap dapat memperoleh penurunan berat badan dengan cepat!

Pada dasarnya, menurunkan berat badan bukan lah suatu perkara yang sulit. Dalam kenyataannya setelah diet, olah raga ataupun dengan terapi akupunktur atau obat-obatan pasti akan memperoleh hasilnya, tapi setelah berat badan turun beberapa kg dan penurunan berat badan lebih lanjut dan mempertahankan berat badan yang sesuai ini lah yang sering merupakan MASALAH TERSULIT. Jika tidak berhati-hati, berat badan akan kembali lagi dan malah, bisa menjadi lebih berat dari semula.

Dalam kenyataannya terbukti bahwa penurunan berat badan yang yang cepat, hasil yang dicapai makin dapat dipertanggung jawabkan makin mudah kembali menjadi gemuk.

Penurunan berat badan yang cepat bukanlah suatu fenomena yang baik.

Dalam usaha penurunan berat badan, diet berlebihan, olah raga yg ekstrim, mengeluarkan cairan tubuh besar-besaran akan merusak keseimbangan berbagai sistem dalam tubuh seperti sistem pencernaan, sirkulasi darah, syaraf, endocrine dll, sehingga dengan pemaksaan tubuh seperti ini akhirnya akan mendapatkan efek balik dari tubuh itu sendiri, bukannya menjadi langsing tapi malah menjadi sakit. Oleh karena itu jangan berfikir untuk dapat melakukan program penurunan berat badan secara instant dan cepat.

Idealnya cara penurunan berat badan itu haruslah dengan proses yang bertahap, sehingga akan mendapatkan hasil yang kokoh dan tahan lama juga sehat.

Secara umum, idealnya penurunan berat badan tersebut haruslah hanya mencapai 500 – 1000 gr perbulannya. Dan program penurunan berat badan ini sebaiknya di tetapkan dalam waktu ½ – 1 tahun. Tetapi untuk kegemukan ringan, program bisa memerlukan waktu yang lebih singkat, dan kegemukan berat membutuhkan waktu ± 1 tahun.


OBESITAS SECARA ILMU KEDOKTERAN :

Menurut ilmu kedokteran penentuan derajat kegemukan seseorang secara umum berdasarkan cara :

  1. Berat Badan Standard dalam kg = (tinggi badan dalam cm – 100)x0.9

Bila bobot tubuh 10% melebihi bobot tubuh standard maka dikatakan over weight ( kelebihan berat badan )

Bila berat badan 20% – 30% melebihi bobot tubuh standard maka di katakan obesity

Bila berat badan 50% melebihi bobot standard maka dikatakan sebagai obesity berat

Bila index nilai berat badan pria lebihi 24 maka dikatakan obesity

Bila index berat badan wanita melebihi 26 maka dikatakan obesity

  1. Index nilai berat badan (BMI ) = berat badan (kg) / tinggi badan m2

Underweight  < 18,5

Normal          18,5 – 24,9

Overweight    > 18,5 – 24,9

Pre-obese       25,0 – 29,9

Obese I           30.0 – 34,9

Obese II          35,0 – 39,9

Obese III        > 40,0

OBESITAS SECARA ILMU AKUPUNKTUR :

Secara ilmu akupunktur, kita juga harus mengetahui bahwa, obesity itu terdiri dari 2 type yaitu :

1.Complex obesity ( berhubungan dengan faktor konstitusi )

Ketidak seimbangan hormonal ( Hormonal Immbalance )

Ketidak seimbangan sturktur tubuh ( structural immbalance )

2.Simple Obesity / Classic obesity

Simple obesity ini yang akan banyak saya bahas di artikel ini.

Nah..sekarang, mari kita bahas,mengapa tubuh bisa menjadi gemuk??

Menurut ilmu akupunktur, ketika energi panas yang diserap oleh tubuh melebihi energi yang dikeluarkan, maka sisa energi panas akan tersaimpan tubuh dalam bentuk lemak, oleh karena itu tubuh akan menjadi gemuk.

Bentuk tubuh gemuk dan berat badan melampaui batas indeks nilai berat badan, inilah gejala utama Simple Obesity. Biasanya penderita simple obesity memiliki gejala estetika seperti kulit berminyak, kasar, gerak tubuh kaku, reaksi lambat, mulut/badan bau, selain itu bisa terjadi nafas pendek, sukar tidur, vertigo, dada sumpek penuh, sering sakit kepala, perut kembung, banyak riak, nafsu makan meningkat, nafsu sex menurun, selalu haus, mulut kering, konstipasi, banyak keringat dsb.

Menurut ilmu akupunktur, penyebab simple obesity itu ada beberapa macam, yaitu :

  1. 1. Obesity akibat panas ekses / type panas tertimbun di Limpa-lambung

Biasanya nafsu makan meningkat, karena kekacauan 7 emosi seperti resah, gelisah, tegang, depresi, tertekan dll, sering terjadi pada usia muda, bentuk tubuh gemuk namun kekar sehat, wajah merah cerah, semangat menggebugebu, konstipasi,urine kuning, mudah panas dalam, sering sariawan, mulut bau, bau badan menyengat, otot perut sering tegang. Gambaran lidah : lidah merah, selaput kuning. Nadi bertenaga.

Penanganan dengan akupunktur memakai beberapa titik di tubuh bagian belakang dan depan. Lamanya proses terapi 30 menit, dapat dilakukan 2-3x perminggu, dengan seri terapi 10-12x, setelah itu hentikan 1-2 mgg untuk melakukan evaluasi, setelah itu dapat dilanjutkan seri terapi berikutnya.

  1. 2. Obesity akibat  riak lembab

Biasanya akibat pola hidup yang tidak baik / tukang ngemil, banyak terjadi pada wanita setengah baya, memiliki sejarah makan minum berlebihan dalam waktu singkat, bentuk gemuk, wajah, mata bengkak, bagian perut gemuk namun kendur, otot daging tidak kuat / turun drastis, cepat lelah, malas bergerak, banyak tidur, minum sedikit, tidak haus, kurang nafsu makan, tenggorokan banyak riak, banyak keputihan, BAB tidak teratur, urine jernih. Pada wanita kadangkala terjadi ammenorhoe atau menstruasi yang sedikit dengan siklus yang panjang, pada pria bisa terjadi impotensi. Gambaran lidah : gemuk besar pucat, selaput putih tebal, berminyak. Nadi lambat mengambang, lembut tidak bertenaga

Penanganan dengan akupunktur memakai beberapa titik di tubuh bagian belakang dan depan. Lamanya proses terapi 30 menit, dapat dilakukan 2-3x perminggu, dengan seri terapi 10-12x, setelah itu hentikan 1-2 mgg untuk melakukan evaluasi, setelah itu dapat dilanjutkan seri terapi berikutnya.

  1. 3. Obesity akibat Qi defisit statis darah

Umumnya terjadi pada orang tua, proses metabolis menjadi lambat, mudah menimbulkan riak, cairan keruh, stasis dalam tubuh akibatnya menjadi gemuk, hal ini disebabkan yang limpa ginjal defisit, daya dorong yuang yang ( pemicu ) tidak cukup / tidak kuat. Sering terjadi pada wanita, bentuk tubuh gemuk, sering ada gejala sakit kepala, nyeri dada dan iga. Menstruasi tidak teratur, emosi mudah gelisah, mudah marah, nafsu makan meningkat, konstipasi menggumpal. Gambaran lidah terlihat stasis gelap / spot / bercak stasis. Nadi seret.

Penanganan dengan akupunktur memakai beberapa titik di tubuh bagian belakang dan depan. Lamanya proses terapi 30 menit, dapat dilakukan 2-3x perminggu, dengan seri terapi 10-12x, setelah itu hentikan 1-2 mgg untuk melakukan evaluasi, setelah itu dapat dilanjutkan seri terapi berikutnya.

  1. 4. Obesity akibat Yang limpa ginjal defisit

Bentuk tubuh gemuk, otot daging kendur gembur lemas tidak bertenaga, kulit putih terang, tidak bersemangat, lesu,tubuh dingin, takut angina, pinggang, lutut dingin dan nyeri, urine bening dan banyak, faeces hancur, keputihan jernih encer, nafsu seksual menurun. Gambaran lidah : gemuk, ranum, selaput putih lembab. Nadi tenggelam dan lambat.

Penanganan dengan akupunktur memakai beberapa titik di tubuh bagian belakang dan depan. Lamanya proses terapi 30 menit, dapat dilakukan 2-3x perminggu, dengan seri terapi 10-12x, setelah itu hentikan 1-2 mgg untuk melakukan evaluasi, setelah itu dapat dilanjutkan seri terapi berikutnya.

so, akupunktur sangat efektif dalam penurunan berat badan, asalkan diagnosa dan pemilihan titik benar benar tepat, karena tiap penderita memiliki penyebab kegemukan yang berbeda-beda dan sangat di harapkan kerjasama yang baik antara penedrita dengan terapis.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    wah saya tipe obesitas yang 1 menurut akupunktur…

  2. 2

    imantri said,

    Mas, Ijin share …
    Salah satu teknik acupuncture adalah menggunakan energi reiki.
    “Energi Reiki Merupakan Energi Positif dari Alam yang lembut dan memiliki vibrasi/getaran yang Kuat Sehingga Efektif dalam Menyembuhkan dan Mengobati Berbagai Macam Penyakit. Jika Anda ingin mengubah hidup Anda, Menjadi lebih sehat dan terbebas dari Berbagai Macam Penyakit, Mulailah Menanamkan Energi Reiki dalam Hidup Anda”.
    Berbagai manfaat alat **DIGITAL ACUPUNCTURE THERAPY** :
    – Membantu program penurunan berat badan (diet)
    – Membantu menghancurkan lemak berlebih pada bagian tubuh
    – Membantu melatih syaraf pada penderita STROKE (frekuensi tegangan listrik disesuaikan)
    – Membantu melancarkan peredaran darah
    – Membantu menghilangkan ketidak nyamanan di tubuh
    – Membantu mengoptimalkan fungsi tubuh
    – Membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh
    – Membantu mencegah berbagai macam penyakit

    Alat untuk terapi reiki ini bisa anda dapatkan di sini : http://tokomaksi.com/Reiki-Electro-Acupuncture


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan komentar